Malanove

Just Keumala with Love

Alat dan Mesin Pertanian Pascapanen

Nah, ini dia beberapa gambar alat dan mesin pascapanen yang biasa digunakan dalam bidang pertanian. gambar-gambar berikut diambil saat praktikum di laboratorium mekanisasi pertanian fakultas pertanian Universitas Syiah Kuala. Terima kasih pada para asisten, yang udah memberi izin untuk jeprat-jepret di lab..hehhe…so, Check these out! ^^

Reaper

Reaper ini berfungsi utnuk memotong padi atau rumput. Dapat dilihat pada gambar diatas bahwa arah potongannya ke arah kanan. hal ini sengaja didesain sedemikian rupa agar mempermudah operator agar dapat memungut hasil tumpukan potongan menjadi lebih mudah.

Combine

Nah, kalau yang diatas ini, namanya adalah Combine, combine ini mempunyai fungsi yang komplit..komplit..dan komplit!hheehee..mulai dari memotong padi, merontokkan sampai mengarungkan padi lhoo!operatornya juga bisa santai..tinggal duduk aja di depannya..toh, bisa sampai proses pengarungan beras..^^.

Threser
Threser

Wah, ada dua threser?yang benar mana?mmm..sama saja…dua gambar diatas adalah Threser. Hanya bahan bakarnya saja yang berbeda. Threser ini dipergunakan untuk merontokkan padi.

Integrated Thresing Grading Machine

Bentuknya besar…seperti mesin waktu yaa?hehhee…bukan, itu adalah ITGM. Nah, ITGM ini fungsinya untuk merontokkan padi, menyeleksi beras yaitu antara beras yang baik dan beras yang berkualitas tidak baik sekaligus dapat mengupas gabah. namun perlu diperhatikan, kadar air pada beras tidak boleh kurang dari 14 persen. Jika kurang, maka akan mengakibatkan beras menjadi patah. See?^^

begitulah gambar-gambar alat dan mesin pada pascapanen. Fungsi alat dan mesin pasca panen itu sendiri digunakan agar mempercepat proses penanganan pasca panen, mengurangi jerih payah petani, menekakan ongkos kerja petani dan untuk meningkatkan produksi pangan dan mempertahankan mutu.

Oke, Heeem, kalau tadi gambar beberapa alat dan mesin, maka berikut adalah beberapa fotoku dan teman-teman yang lain saat praktikum..hehe, kebetulan saat itu asistennya keluar, jadi kami ambil kesempatan untuk sedikit berpose ria bersama alat-alat pasca panen..Enjoy these!

Those all guys!^^ ….. stay cool…..

Single Post Navigation

13 thoughts on “Alat dan Mesin Pertanian Pascapanen

  1. Rizki on said:

    Ngapain x’an photo2 d’stu e e? Ga pa tpi lucu. Blog siapa ni?

  2. lho? ini kan lab pertanian unsyiah..
    hahah, ga nyangka. lg asik2 gugling nyari bahan malah terdampar disini.
    ngomong2 angkatan brp?

  3. mantap ni, tp info-a ditambah lg…. thums up!

  4. yusuf Agricultural Engineering on said:

    mantap2

  5. soujye on said:

    lporan praktikumnya g ad kali kak??

  6. ko g’ da sumbernya ya

  7. syamsul fahmi on said:

    alsin utk panen dan pasca panen jagung n kedele upload jg donk,,he

  8. aslkum.salam kenal..boleh diskusi tentang pertanian?

Leave a comment