Malanove

Just Keumala with Love

Tips Mencintai Pekerjaan

 

Apakah Anda menikmati pekerjaan yang Anda lakukan? Apa Anda mencintai profesi Anda? Apapun pekerjaan itu, tentu menjadi lebih mudah diselesaikan dan menyenangkan, serta tidak menjadi beban berat, jika kita mencintainya.

Seperti yang diungkapkan Donna Turner, praktisi dari Sumber Daya Manusia Experd. Banyak faktor yang menentukan seseorang bisa mencintai pekerjaannya atau tidak, diantaranya adalah kesesuaian latar belakang pendidikan, keterampilan, pengetahuan, dan minat seseorang. Kemudian, ketercapaian harapan seseorang dengan kondisi lingkungan fisik kerjanya, hubungan atasan dan bawahan yang harmonis, gaji dan reward yang pas, dan tantangan serta kompleksitas kerja yang sesuai dengan kapasitas pribadi.

Selain itu, citra positif perusahaan, load kerja, manajemen waktu yang efisien juga merupakan faktor bahagia-tidaknya seseorang dengan pekerjaan yang ia lakukan. Ada beberapa hal yang akan meningkatkan adrenalin Anda untuk lebih mencintai dan bersemangat dalam melakukan profesi Anda saat ini.

1. Mulailah dengan Rasa Cinta
Banyak yang beranggapan bahwa tolak ukur kesuksesan seseorang adalah ketika ia melakukan pekerjaan yang hebat dan berbobot. Tapi, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Melakoni pekerjaan yang kita sukai dengan maksimal adalah jauh lebih penting! Kenapa? Karena rasa ini dengan sendirinya akan meningkatkan energi, semangat sampai percaya diri kita! Tak peduli apa kata orang, yang penting kita menyukai pekerjaan kita!

2. Temukan Senior yang Peduli
Kita sudah merasa memberikan yang terbaik dan bekerja habis-habisan, tapi tetap saja kritik selalu datang dari atasan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja yang sudah lebih bekerja lebih lama daripada anda. Carilah rekan kerja dengan reputasi dan track record baik, darinya anda bisa meminta penilaian atas kekurangan Anda. Jika Anda seorang pebisnis, Anda bisa belajar dari pebisnis yang lebih berpengalaman dari Anda.

3. Tonjolkan Bakat Anda
Divisi anda sedang mengerjakan satu proyek dari Perancis dan kekurangan orang untuk menerjemahkan beberapahandbook berbahasa Perancis? Segera tangkap kesempatan ini jika anda punya kemampuan berbahasa Perancis yang baik. Memperluas kontribusi di kantor, walau ‘keluar’ dari job description anda sekalipun, sama sekali tidak ada ruginya. Saat proyek berakhir, anda akan merasakan bahwa ‘nilai’ anda sudah bertambah di mata kolega kerja.

4. Singkirkan Kelemahan Anda
Setiap orang punya kelemahan. Yang harus anda ketahui adalah cepat kenali kelemahan Anda. Kita dapat membuat daftar kelemahan dan cobalah untuk segera memperbaikinya. Sekedar info, salah satu bentuk kelemahan yang cukup fatal adalah, jika Anda tak bisa menjaga hubungan yang harmonis dengan kawan kerja, relasi, bahkan atasan.

5. Manfaatkan Pelatihan 
Berbahagialah anda yang memperoleh pelatihan/kursus dari kantor untuk karyawannya. Jangan memandang pelatihan sebagai beban, hanya karena menyita waktu anda dan membuat pekerjaan tambah menumpuk. Kita pun bisa mengikuti seminar atau workshop yang diadakan pihak luar. Bergabunglah dengan grup profesi, yang sesuai dengan profesi Anda, dengan memperluas networking sekaligus meng-update regulasi baru, tren, dan ilmu baru, berkaitan dengan profesi kerja Anda. Gali ilmu sebanyak mungkin selagi bisa.

6. Jangan Takut untuk Meminta
Tak perlu ragu meminta sesuatu yang anda inginkan, sepanjang itu masuk akal dan anda yakin itu pantas anda dapatkan. Inisiatif ini perlu anda miliki karena terkadang atasan terlalu sibuk sehingga tidak menyadari apa yang diinginkan karyawannya, bukan berarti ia tidak peduli. Diskusikan dengan atasan Anda, kemungkinan mendapatkan tanggung jawab kerja yang baru, yang bisa meningkatkan level keterampilan dan pengetahuan Anda. Ajukan diri untuk terlibat dalamproject baru yang berkaitan dengan role kerja Anda, jika terbuka tawaran tersebut di tempat kerja Anda.

7. Tumbuhkan “mindset” positif.

Bisa-tidaknya Anda menikmati pekerjaan tergantung juga pada bagaimana mindset Anda terhadap pekerjaan tersebut. Tumbuhkan mindset positif. Visualisasikan hal-hal detail dan menarik mengenai pekerjaan yang sudah didapatkan dan ingin Anda optimalkan. Tanamkan itu di benak dan hati Anda dari waktu ke waktu. Hal ini akan mendorong kecintaan terhadap pekerjaan dan membuat Anda tergerak membereskan dan mengatasi hal-hal yang mengganjal rasa suka Anda pada pekerjaan tersebut.

8. Rasa Syukur

Terakhir namun sangat perlu adalah rasa syukur atas pekerjaan yang Anda punya. Tidak semua orang seberuntung Anda karena memiliki pekerjaan, teman-teman kantor yang menyenangkan, ataupun atasan yang pengertian. Sudah bukan rahasia lagi bahwa angka pengangguran di negeri ini terus meningkat, jadi syukuri apa yang sedang Anda kerjakan. Sebab, tanpa Anda ketahui banyak orang menginginkan profesi yang kini Anda miliki.

Selamat mencoba!

 

Sumber http://www.jpmi.or.id

Single Post Navigation

2 thoughts on “Tips Mencintai Pekerjaan

  1. Makasih uda follow blog saya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: