Malanove

Just Keumala with Love

Nano-nano Of Second Step

(CERITA LAMA YANG BARU TERPUBLIKASI AKIBAT HIBERNASI)

Huft, baru sempat ngeblog, setelah sibuk ujian final di kampus dan liburan di kampung..ngebut biar bisa blogging lagi..haha😀

Apa yang terbayang dari kata “nano-nano”? yup! Permen…permen yang rasanya rame, sampe disco-disco di mulut. Hehe

Manis asam asiin, rame rasanya!hehe..ssstt..iklan sdkit. So, ini ada sedikit kisah tentang perjuanganku melewati semester dua di jurusan agribisnis fakultas pertanian Unsyiah. Memang agak telat untuk nulis-nulis ginian. Tapi namanya juga kenangan ya toh?hal yang berkesan pasti ingin dikenang lagi. Yang kesan-kesan buruk, buang aja ke laut. Hehe. Ambil aja hikmahnyaa ding…!

Ini cerita gak terlalu panjang siih, tapi lumayan bisa bikin ‘mumang’.. cekidot!

Susahnya membawa diri

Mungkin semester dua adalah awal dari perjalanan masa-masa kuliah yang penuh dengan tantangan. Keadaan ini bermula saat aku mengambil jadwal matakuliah yang berbeda dengan teman-teman terdekat disemester pertama. Entah karena jarang komunikasi, entah karena kesalahan teknis KRS online yang kadang-kadang ngambek, akhirnya aku terdampar ke kelas dengan teman-teman baru. Teman-teman yang dulu jarang sekali berinteraksi.

Awalnya santai-santai sajaa…toh, aku banyak memiliih jadwal masuk kuliah pagi dengan alasan agar lebih fresh dan semangat untuk menuntut ilmu. Apalagi untuk matakuliah yang butuh pikiran super jernih alias konsentrasi dan mata yang full watt!misalnya ya statistik. Sedangkan untuk MK yang lebih mengandalkan hafalan dan logika, kupilih di siang dan sore hari.

Well, semua kujalani dengan ikhlas dan hati gembira..eh, ternyata ada jadwal lab yang juga harus ku diambil. Seperti laboratorium agroklimatologi, Mekanisasi Pertanian, Dasar-Dasar Ilmu Tanah dan Statistik.
Huuwaaaa!! Ngeri book! Aku malah bingung memilih jadwalnya. Apa boleh buat, terpaksa memadatkan jadwal. Yang paling parahnya lagi, jadwal yang sengaja aku kosongkan agar bisa sedikit bersantai, akhirnya benar-benar padat! Bahkan ada satu hari yang benar-benar full ! >.<

Jujur saja, mulai saat itu aku mulai jadi skeptis. Merasa otak seakan tertekan.. Tapi, dengan dukungan orang terdekat, aku jalani dengan masa-masa awal kuliah dengan baik. Agak susah memang, apalagi harus pisah dengan teman-teman dekat. Aku harus beradaptasi dengan teman-teman kelas baru. Ditambah lagi dengan para senior yang wajahny gak terlalu ‘rumeh’..hehe

Selain itu, disemester dua ini, aku mulai belajar tentang gaya belajar. Gaya belajar yang menjadi strategi masing-masing mahasiswa untuk menangkap materi. You know what! Peraturan laboratorium yang Bikin Gilaaa! tidak hanya metode dosen yang makin sulit ku ikuti, tapi juga peraturan-peraturan yang semakin buat ‘eneg’, ‘jenuh’, ‘gerah’!! apalagi peraturan di lab MP. Beuh! Banyak bener peraturannya. Untung bisa sabar..haduh, kalo gak sabar bisa brabe lah..nilai jadi taruhannya!

Lab MP >> sebelum masuk ke lab, harus memakai baju lab. Memakai sepatu bertali, membawa modul dan buku respon. Kalau itu semua tidak lengkap, siap-siap keluar aja..ya, lab ini terdapat banyak alat dan mesin. Jadi para praktikan diwajibkan untuk memakai sepatu. Syarat buat laporannya : tulisan tangan! Beeuu..ini yang bikin capek kawan! Ditambah lagi pembahasannya gak bisa asal-asalan. Depends on the assisten!

Nah, finalnya ini, setiap praktikan harus membawa traktor. Syarat wajib agar lulus lab! Selain tiu juga harus mengikuti tes tulis. Alhamdulillah.. untuk lab ini nilaiku lumayan bagus. yokatta !
check these out! sambil bawa traktor! hehe

 

Lab DDIT >> karena lab ini berhubungan dengan tanah, maka pertama sekali seluruh praktikan diharuskan untuk mengambil sampel tanah di lahan percobaan kampus. Sampel tanah itu kemudian dibawa ke lab untuk diamati tentang struktur dan tekstur tanahnya. Selain itu juga tentang bahan organik, ph dsb. Penulisan laporannya harus diketik dengan mesin tik dan keseluruhan laporan harius dibundel menjadi satu buku. Wuuiihhh! Bayangkan aja. Butuh waktu lama untuk mengetik itu semua. Saat final, keseluruhan laporan harus dikumpulkan. Selain itu juga harus mengikuti ujian tulis.

nah, ini ada beberapa foto saat praktikum pertama DDIT. Saat mengambil sampel tanah di kebun belakang kampus..

Lab agroklimatologi >> syarat masuknya cukup berpakaian sopan, membawa modul, laporan dan buku respon. Yang berbeda adalah lab ini tidak ada peraturan untuk memakai baju lab. Penulisan laporannya lumayan mudah dibanding dengan cara tulis tangan ataupun di ketik memakai mesin tik. Hanya saja prosedur penulisannya bikin ribet! Apa boleh buat, dibalik itu semua pasti ada hikmahnya. Yang identik dengan lab ini adalah penulisan laporannya harus menggunakan kertas bekas. Yah, namanya juga untuk mengurangi dampak global warming. Good idea!

ini dia beberapa foto alat-alat yang kami pergunakan untuk praktikum di lab🙂
hoho, foto asistennya gak kelihatan..malu di foto!😀

Fakta membuktikan bahwa…

Semua jadwal lab yang kuambil sebenarnya asik..hanya saja mungkin aku dan beberapa temanku agak jenuh dengan semua peraturan yang ada. Tapi yakin aja, jika semua dilakukan dengan ikhlas, everything is gonna be okay!hehe😀

contohnya nya aja nih yaa, lab MP.. meskipun awalnya aku ‘muak’ dengan lab MP, tapi sebenarnya lab MP itu asik loh! Pembawaan praktikumnya santaiiii..beda dengan lab-lab lain yang bikin ngeri!haha😀

Pengalaman membawa traktor adalah pengalaman yang paling berkesan. Saat aku hampir saja terjatuh saat mengendalikan traktor kearah kiri..waaaaa! deg-degan! Haha😀

pulang ke kos, wajah langsung hitam legam! Gimana gak? Lah praktikumnya di bawah terik matahari! Siang bolong..haha…

Dan yang paling berkesan adalah saat di lab agroklimatologi!

Kutemukan bunga biru di lab agroklim..hehe

Lab ini otomatis membahas tentang unsur-unsur penting iklim. Pentingnya mempelajari ini adalah agar pengembangan di bidang pertanian menjadi optimal, karena selain tanah, iklim menjadi penting dalam pertanian.

Awalnya merasa deg-degan. Pertama kali liat asistennya, wuiih..gak ada ramah-ramahnya.ngeri bok! Serius amat! Jadi segan menyapa…pertemuan pertama di lab diawali dengan perkenalan para asisten, respon, prosedur penulisan laporan dll.

Enjoy, enjoy aja siih…karena Alhamdulillah aku dibantu dengan senior sehingga lebih tahu tentang seluk beluk lab MP. Hasil penulisan laporan yang diperiksa asisten pun memuaskan!tidak pernah kurang dari 99! (makasih ya abg2!) haha😀

Eehh, ternyata ada bibit-bibit bunga cinta di laboratorium agroklimatologi!..

I am falling in love..haha😀

Berawal dari keraguanku dengan hasil pengamatan di lapangan tentang kelembaban diudara. Hasil pengamatan yang kudapat ternyata berbeda dengan teori yang ada! Dengan rasa gundah gulana gulana, alias bimbang, aku beranikan diri untuk bertanya dengan salah satu asistenku.

waaah, ternyata..dari situlah kami semakin akrab. Dan taaaadaaaaaa! Finally I got my blue rose! I keep it into my deepest heart.. huhuuiii…

Ah, malu juga kalo di cerita kan panjang-panjang di blog ini. Tunggu aja novel terbaruku dirilis. “the love story of the supers”!haha😀

Intinya teman, dari semester dua ini aku semakin banyak mendapat pengalaman. Mulai dari pisah dari kawan-kawan akrab dan harus terus memperluas relasi, masuk laboratorium yang penuh dengan kesan, ke waduk, bahkan jatuh cinta!

Yaaaa…sebagai mahasiswa, ilmu dan pengalaman itu sama-sama penting. Jalani setiap detik kehidupan dengan semangat, optimis, dan penuh keikhlasan. insyaAllah semua aral rintangan pasti bisa diatasi. Seperti pesan orangtuaku, belajar itu penting, tapi semua itu akan sia-sia jika kita tidak menyeimbangkan dengan suplai makanan yang bergizi untuk kesehatan. Otak kan juga butuh istirahat. Refreshing….setelah berusaha, doa menjadi sangat penting. Serahkan pada Allah SWT yang Maha Mengetahui…

Alhamdulilah, IP semester genap ku kali ini masih bagus. Semoga semester ganjil kedepannya makin bagus!

I try to be the best in the future! Ganbattte ne!

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: