Malanove

Just Keumala with Love

Bangganya jadi aneuk Atjeh!!

Well, akhirnya hari ini ada juga yang bisa ditulis! hehe…saking hampanya hari ini karena gak ada hal yang menarik…

tadi malam aku nonton tivi..bosan dikamar sih! akhirnya turun ke kamar bawah dan nonton IMB2…hmm, udah lama gak nonton..iklan pun disimak baek-baek..hiihi…

 

bangga ya kalau kita mempunyai bakat! bakat apapun itu..baik menyanyi, main biola, balet, dancing, sulap, band, dsb. nah, di IMB lah aku melihat ternyata masih banyak orang yang punya bakat terpendam. bakat mereka benar-benar unik dan menarik. di IMB, banyak hal yang lucu, mulai dari para kontestan yang pede abiiiiizzz, sampe kontestan yang buat kesalahan saat show! weew…seru lah….

 

tapi, yang paling seru adalah saat aku melihat performance anak-anak kecil yang manis berpakaian merah dan kuning. mereka berkerudung dan memakai songket. ada sekitar 12 orang. ditambah dengan satu orang anak laki-laki yang imut. jadi anggotnya 13 orang…waaaaahh waah! ternyata mereka berasal dari Aceh! ikut audisi di Medan..cckkcck..nama kelompok mereka adalah Sanggar Aneuk Ceria. katanya, kelompok mereka terbentuk tahun 2005, sesudah bencana tsunami… mereka membawakan tari tradisional khas Aceh. Aku benar-benar terpengarah saat menonton! aku merinding kagum! great performace! waahhh……dengan diiringin lagu dari Raffli yang identik dengan nada cepatnya, mereka berhasil membuat para penonton kagum! mantap laaaaahhh….. juri pun mengeluarkan kata-kata pujiannya..aku juga rasanya ingin memberikan applause yang terhebat karena mereka telah menampilkan sesuatu yang juga terhebat….

 

Aku tidak terlalu mengerti dengan tema yang mereka tampilkan. yang jelas, ada gerakan tangan seribu yang biasanya dibawakan oleh orang Thailand. hm, kalau gak salah siiihh gitu…..terus, mereka juga seaakan sedang ber-akting memperebutkan seorang laki-laki….great! dan ternyata benar..adik-adik yang tampil itu mengatakan bahwa ada unsur ‘meuseuno’, yaitu ‘rebutan’. jadi yaaa, seperti itulah keliataannya.. menceritakan dua orang perempuan yang menyukai seorang lelaki dan mereka saling rebutan. eehh, benar-benar keren loohh! ending shownya baguuusss….

 

intinya, bangg.a bisa jadi aneuk-aneuk aceh! apalagi  bisa menampilkan tarian tradisional. biasanya selaluuuu aja tarian jawa yang diperlihatkan seperti kelompok ‘Rumingkang’. masih ingatkan?mereka juga membawakan tarian tradisional dengan sangat bagus. lha, apa bedanya dengan tarian dari Aceh??hmmmm…ada bedanya dunkkk!! berawal dari sifat masyarakat Aceh yang berjiwa keras dan pantang putus asa. jadi, jiwa semacam ini terbawa sampai ke tarian tradisionalnya…gerakannya tegas, mantap, tanpa banyak gemulai, namun tetap terlihat keanggungan dan keindahan makna maupun gerakannya.  contohnya seperti  tari Saman. haayoooo, ngaku aja kalo tariannya mantap! hehe..terbuktikan? bahwa Aceh adalah salah satu provinsi yang paling susah ditaklukkan oleh penjajah.. ini bukan asal lhoo..aku pernah baca sejarahnyaa..hehe…

beda dengan tarian Jawa..yang lemah-gemulai, lembut, dan kelamaan…hehee..aku malah jadi ngantuk..gak to the point!!..iring-iringan lagunya pun slow abiss…..

 

aaahh, mantap lah Aceh! aku benar-benar bangga jadi putri Aceh..apalagi kelak aku bisa membawakan tarian tradisional dan tampil di depan orang banyak (iyyyeeeyyy..mimpi kali yeee..hehe)

salut….generasi muda Indonesia! tetp bersatu,tetap semangat! (jiiiah, kok malah neyebutin motto pas LCC UUD tahun 2009 ya?hehe)

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: